.

» » Bolehkah Berwudhu di Dalam Kamar Mandi?

Bolehkah Berwudhu di Dalam Kamar Mandi?

Penulis By on Monday 17 August 2015 | No comments




Assalamu;alaikum Wr. Wb.

Pak Ustadz, saya ini keluarga yang menempati rumah Type 21, setiap melaksanakan wudhu selalu dilakukan di kamar mandi, sedangkan sebelum berwudhu diharuskan membaca do'a berwudhu, padahal membaca atau berdoa di kamar mandi kan tidak boleh (dosa). Apa yang saya harus lakukan berdo'a dulu di luar kamar mandi atau tanpa doa. Dan pada saat mandi junub apakah doa tersebut bisa diucapkan di dalam hati. Terima kasih atas jawabannya.

Wasalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh
Jawaban :

Assalamu 'alaikum warahmatullahi wa barakatuh
Al-hamdulillah, wash-shalatu wassalamu 'ala rasulillah, wa ba'du

Sebenarnya tidak ada larangan yang signifikan untuk melakukan wudhu' di dalam kamar mandi atau WC. Sebab berwudhu' itu tidak mensyaratkan kesucian, justru wudhu' itu merupakan cara untuk mendapatkan kesucian. Lain halnya dengan ibadah shalat, memang tidak boleh dilakukan di tempat yang ada najisnya.

Kalau pun larangan itu karena tidak boleh melafazkan kata basmalah, lafadz Allah atau ayat Qur'an di dalam kamar mandi, sebenarnya tidak ada kewajiban untuk mengucapkannya tatkala sedang wudhu'. Sebab yang termasuk di dalam rukun wudhu' itu hanya gerakannya saja. Misalnya membasuh wajah, tangan, kepala dan kaki. Adapun doa dan lafaz tertentu yang dianjurkan untuk dibaca, bukan menjadi syarat sahnya wudhu'. Demikian juga dengan lafaz niat menurut sebagian paham, bukan termasuk rukun wudhu'. Maka berwudhu' itu intinya hanya membasuh anggota wudhu' dengan air, tanpa ada kewajiban untuk melafazkan kata-kata yang suci.

Adapun keterangan yang menyebutkan bahwa berwudhu itu harus mengucapkan basmalah, memang ada beberapa hadits tentang itu. Juga ada sebagian ulama yang mengatakannya. Namun jumhur ulama tidak mewajibkan bacaan basmalah saat wudhu'. Imam Ahmad bin Hanbal mengatakan bahwa meski ada banyak hadits tentang itu namun tak ada satu pun yang kuat derajatnya. Demikian juga perkataan Al-Bazzar, bahwa tidak ada satu pun hadits yang shahih tentang keharusan membaca basmalah saat berwudhu'.

Imam As-Syafi'i, Imam Malik dan Imam Abu Hanifah mengatakan bahwa membaca basmalah saat berwudhu' itu hukumnya hanya sunnah, bukan wajib. Sebagaimana disebutkan oleh As-Syaukani dalam Nailul Authar jilid 1 halaman 160-161. Sehingga bisa disimpulkan bahwa melafazkan basmalah bukan bagian dari rukun wudhu, maka tidak wajib bagi seorang yang berwudhu untuk melafazkannya.

Dan juga bisa disimpulkan bahwa tidak ada bagian rukun wudhu' yang mensyaratkan harus dilakukan di tempat yang suci. Maka berwudhu' di dalam kamar mandi adalah hal yang tidak merusak apapun. Apalagi buat para wanita, akan sangat sulit untuk berwudhu' di tempat umum, kecuali di dalam WC atau kamar mandi. Kalau wudhu' dilarang dilakukan di dalam kamar mandi, bisa jadi para wanita tidak akan berwudhu', sebab biasanya tempat wudhu' yang tersedia di beberapa masjid kurang terjaga dari segi hijabnya. Sehingga mau tidak mau mereka harus melepas kerudung ketika berwudhu'. Dan ini justru melanggar aturan syariah.

Wallahu a'lam bish-shawab, Wassalamu 'alaikum warahmatullahi wa barakatuh
Baca Juga Artikel Terkait Lainnya

Berkomentarlah Dengan Sopan Dan Beretika. Terima Kasih